Sejarah

PROFIL PONDOK PESANTREN MODERN AL AZHAR

Pondok Pesantren Modern Al Azhar Gresik Jawa Timur Indonesia, biasa disingkat dengan PPM AL AZHAR  GRESIK adalah lembaga pendidikan Islam Internasional Swasta yang didirikan oleh  permintaan Jama’ah Majelis Ta’lim  Nurul ‘Izzah yang dipimpin oleh Prof. Dr. KH. Imam Bukhori Al Habsy Al Ayyuby Al Hafidz, MBA.

 

Pondok Pesantren Modern  Al Azhar berdiri pada tanggal 01 Ramadhan 1432 H yang bertepatan dengan  tanggal 01 Agustus 2011 M, berlokasi di Jalan Syaikh Al Ayyuby No.10 Dusun Kecipik Desa Boteng Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur yang menempati tanah seluas 562 m2, wakaf dari Prof. Dr. KH. Imam Bukhori Al Habsy Al Ayyuby Al Hafidz, MBA. selaku Pendiri, Pemangku dan Pengasuh Pondok Pesantren Modern Al Azhar.

 

Sebelum Pondok Pesantren Modern Al Azhar berdiri, kegiatan yang berlangsung adalah pengajian rutin Jama’ah Majelis Ta’lim Nurul ‘Izzah, kemudian atas tuntutan para jama’ah maka didirikanlah Pondok Pesantren Modern Al Azhar dengan sistem asrama dengan tujuan agar seluruh jamaah dan santri nya mendapatkan cahaya kemuliaan dari Allah dan Rosul Nya.

 

Pada tanggal 01 Agustus 2011 M, hari Senin bertepatan tanggal 01 Ramadhan 1432H nama PPM AL AZHAR secara resmi digunakan. Yang mana kami memberikan makna pada pendiriannya itu dengan kesimpulan untuk hari senin bertepatan dengan hari lahirnya Rosulullah Muhammad SAW, sedangkan tanggal 01 Ramadhan pas hari di bulan yang paling mulia, dengan harapan kami mendapatkan keberkahan atas kemuliaan bulan Ramadhan serta sekaligus menandai awal mula digunakannya pondok baru di Dusun Kecipik Desa Boteng Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik diatas areal tanah wakaf seluas 562 m2 dari Prof. Dr. KH. Imam Bukhori Al Habsy Al Ayyuby Al Hafidz, MBA. Bangunan yang terdiri dari 7 lantai dari masing-masing blok dimana terdapat masjid, asrama santri, dapur, kamar mandi santri, ruang kantor kyai, ruang sekretariat, ruang tamu, ruang aula, ruang perpustakaan  dll. Kini dengan perluasan tanah  seluas  1.107 m2 ( terdapat penambahan pembangunan area Maqbaroh, Majelis Qur’an dan Parkiran. Yang dijadikan asrama Putra para Penghafal Al Qur’an. Kini Pondok Pesantren Boteng yang biasanya disebut juga dinamai PPM AL AZHAR 9 Boteng

Dapat kita pahami bahwa semangat kemandirian adalah sebuah cita-cita dan idealisme KH. Imam Bukhori selaku pendiri Pondok Pesantren Modern Al Azhar agar tumbuh kembang dan keseluruhan aktivitasnya didasarkan kepada kemampuan diri. Sehingga diharapkan akan muncul independensi dan keleluasan dalam berkreasi. Tentu pada idealisme tersebut tidak dinafikan adanya peluang kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak.

Berangkat dari dasar pemikiran di atas, maka Pondok Pesantren Modern Al Azhar secara evolutif terus mengalami perubahan dan penataan. Hal tersebut ditandai dengan pendirian berbagai unit-unit kelembagaan pesantren.

 

Kini PPM Al Azhar juga memiliki cabang diatas areal tanah wakaf seluas 1.387 m2 yang berlokasi di Jalan Raya Cerme Kidul No 46 RT 03 RW 06 Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Jawa Timur ( samping Puskesmas Cerme ) yang dijadikan Asrama Putri para Penghafal Al Qur’an. Kini Pondok Pesantren Cerme yang biasanya disebut juga dinamai PPM AL AZHAR 10 Cerme

Open chat
Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum


Beasiswa untuk Santri yang Berprestasi* !!!