DAWUHIPUN ROMO KYAI IMAM BUKHORI AL-HAFIDZ

 

PESAN DARI ABAHKYAI TENTANG NIAT PUASA RAMADHAN

 

سبحان اللهﷻ الحَمْدُ ِللهﷻ الله أكبرﷻ
اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎
اللهم صل علی سیدنا محمد بعدد من صلی علیه

Kepada seluruh santri dan jamaah serta seluruh kaum muslimin dan muslimat , ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk niat puasa Ramadhan ,,

Ulama empat Mazhab sepakat bahwa Puasa Ramadhan wajib dimulai dengan niat. Hanya saja mereka berbeda pendapat mengenai teknis niatnya.

Menurut tiga Mazhab selain Malikiyyah, wajib mengulangi niat di setiap kali puasa.

Termasuk juga dalam Madzhab Imam Syafi’i, niat harus dilakukan setiap malam. Namun, ketika ada kesibukan atau aktivitas tertentu seringkali membuat masyarakat lupa untuk niat puasa pada malam hari.

Soal Niat Satu Bulan Penuh

Untuk mengantisipasinya, ulama menganjurkan niat puasa satu bulan penuh di malam pertama Ramadhan. Hal ini ditujukan apabila suatu hari seseorang lupa untuk niat, maka puasanya tetap sah karena dicukupkan dengan niat satu bulan penuh tersebut dengan mengikuti (taqlid) pada Mazhab Imam Maliki.

Imam Al-Qulyubi menjelaskan :

وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ

“Disunahkan pada malam pertama bulan Ramadhan untuk niat berpuasa sebulan penuh untuk mengambil memanfaatkan pendapat Imam Malik pada suatu hari yang lupa untuk berniat di dalamnya. Karena beliau menganggap niat tersebut mencukupi bila lupa niat pada malam-malam berikutnya di semua malam Ramadhan ” (Kitab Hasyiyah Al-Qulyubi, II / 66).

Tapi ingat…., niat satu bulan penuh itu hanya sebatas antisipasi apabila lupa tidak niat puasa. Sehingga untuk setiap malamnya tetap diwajibkan niat seperti biasa, sebagaimana pendapat madzhab Syafi’i.

1. Niat Sebulan Penuh :

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah.

2. Niat Tiap Malam :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Semoga Allah SWT. Membimbing kita dan memberikan kepada kita dan seluruh keluarga kita selalu : sehat wal afiat, panjang umur, mampu beribadah dengan baik, mendapat ridha dari Allah. Aamiin….!!!

 

سبحان اللهﷻ الحَمْدُ ِللهﷻ الله أكبرﷻ
ولسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎
اللهم صل علی سیدنا محمد بعدد من صلی علیه

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
Menghafal Al-Quran Semudah Tersenyum


Beasiswa untuk Santri yang Berprestasi* !!!